MTs Negeri 2 Jepara telah menerapkan Kurikulum Merdeka mulai Tahun Pelajaran 2023/2024. Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kurikulum Merdeka adalah adanya kegiatan berbasis projek, yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang dikenal dengan sebutan (P5) dan untuk madrasah ditambahkan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin (PPRA).  .

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.  Sebelumnya pada bulan September lalu MTs N 2 Jepara sudah melaksanakan P5PPRA dengan tema Suara Demokrasi dengan Sub Tema Pemilihan Ketua OSIM. Proyek kedua kali ini mengambil tema Kewirausahaan dengan Sub Tema “Berwirusaha mengembangkan Potensi Lokal.”

Pelaksanaan kegiatan P5PPRA ini sudah dilaksanakan sejak tanggan 23 – 29 November yang lalu dengan mengisi materi-materi dan kegiatan terkait kewirusahaan seperti tentang pengenalan konsep dasar kewirausahaan, jenis usaha, memanfaatkan produk lokal, contoh produk lokal, pengemasan produk, dan cara mempromosikan produk. Selain itu juga siswa dibekali pengetahuan dalam menentukan harga jual, menghitung keuntungan atau kerugian produk yang dijual dan lain-lain. Kegiatan ini hanya diberlakukan hanya untuk kelas VII, karena yang sudah menerapkan kurikuum tersebut adalah siswa kelas VII.

Untuk menggelar karya para siswa dak praktek penjualannya, maka MTs N 2 Jepara menggelar kegiatan “Market day” yang di laksanakan pada hari Kamis, 21 Desember 2023 di halaman utama MTs Negeri 2 Jepara, Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kelas 7 yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka dan juga diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 8 dan 9 sebagai serangkaian kegiatan Class meeting. Market day ini merupakan puncak dari kegiatan P5PPRA yang sudah berlangsung sebelumnya.

Market day ini dibuka dengan sangat meriah, diawali dengan sambutan dari Kepala MTs Negeri 2 Jepara, kemudian dilanjutkan dengan tarian kecak, fashion show, silat, pembacaan narasi tentang kota Jepara, dan tari keragaman Indonesia.

Dalam pembukaan kegiatan ini Kepala MTs Negeri 2 Jepara yaitu Bapak Sisnodo, S.Pd., M.Pd. mengemukakan bahwa “Kegiatan market day merupakan kegiatan untuk  mengembangkan karakter atau jiwa kewirausahaan siswa sebagai bekal masa depan mereka.”

Kegiatan market day ini dibuka oleh pengawas madrasah yaitu Bapak H. Mustain, S.Ag.,M.Pd.I dengan diawali pemotongan pita. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 – 11.00 WIB. Kegiatan Market day diikuti oleh seluruh siswa dan masing-masing stand didampingi oleh wali kelas. Hal ini tentu menarik minat pengunjung untuk membeli aneka makanan dan minuman  hasil karya siswa-siswi  MTs Negeri 2 Jepara.

Market Day ini tentunya memiliki dampak yang sangat positif salah satunya anak bisa memahami konsep materi dengan pembelajaran praktek secara langsung. Para siswa pun sangat antusias melakukan kegiatan jual beli. Produk yang dijual adalah berbagai makanan dan minuman yang beragam seperti makanan lokal yaitu ceker mercon, bakso mercon, cilok, batagor dan juga menjual berbagai makanan internasional kimbab, onigiri, dan sushi. Serta minuman yang menyegarkan misalnya es kuwud, es mojito, es jelly, dan masih banyak lagi.

Namun berbeda dengan kelas 7 yang menggunakan Kurikulum Merdeka,  mereka menjual produk yang berbahan dasar lokal seperti ketela, pisang, jagung, dan lain-lain. Dari bahan lokal tersebut para siswa mengolah menjadi makanan yang menarik dan memiliki daya jual yang tinggi. Seperti pisang coklat keju, jasuke, kripik pisang varian, dan kripik singkong balado.

Para siswa mengaku senang dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena mampu mengeksplor kreativitas siswa dan kemampuan mereka dalam berwirausaha. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para siswa bisa mendapatkan pengalaman berharga seputar berwirausaha. Selain itu, siswa-siswi juga mampu menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

Tidak hanya kelas 7 yang membuka stand penjualan, kelas 8 dan 9 juga ikut berpartisipasi berjualan di stand mereka masing-masing. Mereka berlomba-lomba membuat stan semenarik mungkin, dengan produk-produk sebaik mungkin. Para pembelinya adalah seluruh siswa kelas7, 8 dan 9 serta para guru dan pegawai. Bahkan ada beberapa warga masyarakat sekitar yang ikut membelinya, ada para siswa MI dan siswa MAN 2 Jepara serta para alumni yang ikut berdatangan untuk membelinya. Sehingga hampir semua barangdagangan di semua stand habis terbeli.

Kegiatan ini juga dihibur dengan pentas seni yang menampilkan kreasi-kreasi seni dari masing-masing kelas yang sukarela mau tamil di panggung hiburan yang telah disiapkan. Ada yang menampilkan seni tari kreasi, tari tradisional, rebana, drama, karauke dan lain-lain sehingga suasana menjadi sangat meriah.

Semoga kegiatan yang sangat positif ini  bermanfaat sesuai dengan tujuan pelaksanaan P5PPRA yaitu mengembangka karakter kewirausahaan siswa serta mengembangkan bakat seni siswa.

 

 

 

Berita sebelumyaMarket Day P5 & PPRA (Kewirausahaan)
Berita berikutnyaMTs Negeri 2 Jepara Menggelar Tahtimul Qur’an dalam Rangka HAB Kemenag RI ke-78